Minggu, 13 November 2011

Liputan : PERKEMAHAN LOMBA GALANG GLADI BHAKTI PERTIWI 2011


Pada hari Jum'at, Sabtu, dan Minggu, Tanggal 11, 12, 13 November 2011 Penggalang Pramuka SD Negeri Nolobangsan mengikuti kegiatan Perkemahan Pramuka Lomba Galang Gladi Bhakti Pertiwi se-Kecamatan Depok Kabupaten Sleman - D.I.Yogyakarta yang diadakan oleh Kwartir Ranting Pramuka Kec. Depok bekerja sama dengan PKGS Kec. Depok dan UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Depok - Kabupaten Sleman yang di laksanakan di Bumi Perkemahan Babarsari Yogyakarta. 
Sebelum Pramuka Penggalang SD Negeri Nolobangsan berangkat ke lokasi perkemahan ibu Kepala SD Negeri Nolobangsan (Sri Gunarti, A.Ma.Pd.) menyampaikan pesan agar Siswa-siswi SD Negeri Nolobangsan yang  mengikuti perkemahan penggalang ini untuk menjaga nama baik sekolah dimana pun siswa-siswi SD Negeri Nolobangsan berada, Menjaga Kesehatan selama kegiatan, mempunyai jiwa patriot, jujur, cerdas dan dapat menghargai serta menjalin kerukunan antar teman-teman sesama  peserta pramuka

baik satu sekolah maupun peserta dari sekolah lain. Kemudian Ibu Sri Gunarti, A.Ma.Pd. berharap dengan siswa-siswi SD Negeri Nolobangsan dengan perkemahan ini siswa - siswi dapat memberikan pengetahuan tentang hidup mandiri, mencintai alam, memperaktekkan pengetahuan tentang kepramukaan.


Sesampainya di Bumi Perkemahan Babarsari Kabupaten Sleman - D.I.Yogyakarta, Pramuka Penggalang Siswa - Siswi SD Negeri Nolobangsan mendirikan tenda,  dalam kesempatan ini SD Negeri Mengikutkan tiga regu Pramuka Penggalang, yaitu 2 regu putra dan 1 regu putri. Dan dihari pertama awal perkemahan walaupun hujan tidak menyurutkan niat dan semangat siswa - siswi untuk mengikuti kegiatan perkemahan tersebut.


Setelah seluruh peserta perkemahan mendirikan tenda dan beristirahat sejenak, kemudian Panitia Perkemahan Pramuka Penggalang meniupkan pluit yang menandakan bahwa para peserta berkumpul di lapangan untuk mengikuti upacara pembukaan. Dengan riang gembira seluruh peserta perkemahan berlari berkumpul dilapangan.
Pada pelaksanaan upacara pembukaan perkemahan tersebut oleh pembina upacara (Bapak. Mukijo, S.Pd.SD - Ketua Panitia Penyelenggara) membuka dengan resmi perkemahan tersebut. setelah pelaksanaan upacara pembukaan dilanjutkan arahan dari Bapak. Drs. Bambang Joko Gambiro, SH, SE, M.Pd. (Kepala UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Depok - Kabupaten Sleman) dalam arahannya beliau berpesan kepada seluruh peserta perkemahan pramuka penggalang untuk menjaga kesehatan dan mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, dan untuk panitia penyelenggara oleh Bapak. Drs. Joko Gambiro, SH, SE, M.Pd. mengharapkan agar dapat melaksanakan kegiatan sebaik-baiknya dengan mempertimbangkan kondisi dan cuaca saat pelaksanaan.


Kegiatan Perkemahan Penggalang Pramuka diikuti sekitar 31 Sekolah antara lain Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Islam se Kecamatan Depok - Kabupaten Sleman. Adapun materi kegiatan yang  perkemahan Lomba Galang Bhakti Pertiwi ini meliputi :
1. Kegiatan / Materi Mental Spiritual (Keagamaan)
2. Patriotisme / Jiwa Kepahlawanan
3. Penerapan Materi Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka
4. Ujian Penjajakan pengetahuan umum Pramuka
5. Kegiatan Teknik Kepramukaan
6. Keterampilan
7. Penjelajahan Alam
8. Kedisiplinan
9. Permainan / Outbound
10. Kegiatan PPPK
11. Kerapian Tenda
12. Pentas Seni Api Unggun

 
 Kegiatan demi kegiatan dapat dilalui dengan baik oleh Peserta Perkemahan dan akhirnya pada hari Minggu (13/11/2011) pada 10.00 acara perkemahan resmi ditutup oleh Pembina Upacara (Bapak. Drs. Jamhari - Wk. Panitia Penyelenggara).


Dalam amanat pada penutupan bapak Drs. Jamhari menyampaikan agar pengetahuan yang telah didapatkan di dalam perkemahan dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari, dan diharapkan peserta perkemahan dapat menjadi Pramuka yang dibanggakan oleh orang tua peserta, dan berguna bangsa dan negara. Setelah resmi menutup acara perkemahan Bapak. Drs. Jamhari melepaskan tanda peserta perwakilan peserta perkemahan tanda bahwa acara perkemahan tersebut resmi ditutup.


Setelah resmi ditutup rasa lelah pada hari terkhir perkemahan Pramuka penggalang terbayarkan dengan salah satu regu yaitu Regu Elang Pramuka Penggalang SD Negeri Nolobangsan mendapatkan juara 3 bidang kerapian, walaupun 2   regu peserta perkemahan dari SD Negeri Nolobangsan belum mendapat juara tetapi mereka tidak berkecil hati dan akan berusaha untuk lebih tekun belajar dan latihan pramuka sehingga ditahun yang akan datang akan lebih baik lagi dan bisa membawa piala lomba, dan bagi Regu Elang (Penggalang SD Negeri Nolobangsan) yang mendapat juara 3 bidang kerapian juga tidak berbangga hati mereka akan tetap berusaha menjadi yang terbaik dari yang terbaik dan akan berusaha membawa piala juara 1.


Dan akhirnya dengan riang gembira peserta perkemahan pun kembali kerumah masing - masing dengan harapan tahun depan akan kembali ikut dalam perkemahan.



     


PENDIDIKAN BEBAS PUNGUTAN BAGI SELURUH SISWA

PENDIDIKAN BEBAS PUNGUTAN BAGI SELURUH SISWA