Senin, 15 November 2010

SELAMAT IDHUL ADHA 1431 H

Hari raya Idul Adha merupakan puncak dari ibadah Haji, hari raya ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayaka dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia.
Hari raya Idul Adha di sebut juga Hari Raya Qur’ban dimana setiap hamba-Nya yang mampu di anjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih hewan qurban sebagaimana telah di amanatkan dalam Al-Qur’an
“ Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qur’ban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah di rezkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)” (QS. AL Hajj : 34)
“Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah” (QS. Al Kautsar : 1-2)
Dari dua surah di atas secara langsung Allah SWT memberikan perintah agama (syari’at) di dalam kitab-Nya yang suci, bahwa kepada kita yang mengaku sebagai ummat-Nya diwajibkan untuk melaksanakan ibadah Penyembelihan Qur’ban sejalan dengan tujuannya, kewajiban ini akan jatuh kepada hamba – hamba-Nya yang telah di limpahkan Rezki dan membagi rezki yang Allah berikan dengan saudara – saudara lain yang kurang mampu (dhuafa) dalam hal ini siswa – siswi yang akan ditargetkan sebagai penerima hewan qurban tersebut.
Qur’ban berasal dari kata Qaroba, artinya mendekatkan diri, dalam konteks ketauhidan, tidak ada Dzat tempat yang patut untuk kita mendekatkan diri, kecuali hanya kepada Allah SWT.
Ibadah Qur’ban yang diperintahkan kepada ummat Nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya Nabi Ibrahim A.S, yaitu perintah mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail A.S. yang kemudian oleh Allah menggantinya dengan seekor gibas ini adalah salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim A.S dalam menjalankan perintah Allah SWT, oleh karena itu pelaksanaan ibadah qurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah SWT, sebagaimana ayat-ayat di atas.
Ibadah Qurban juga memiliki keutamaan yaitu pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT. Amalan yang paling di cintai Allah pada hari Raya Idul Adha adalah hewan qur’ban.
Rasulullah SAW bersabda :
” Tidak ada satu amalan yang palng di cintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih qur’ban. Sesungguhnya hewan qur’ban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qur’ban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan pahala qur’ban itu (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim)
”Barang siapa yang memiliki kelapangan (kecukupan harta) tetapi ia tidak berqur’ban, maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat kami.” (HR. Hakim dari Abu Hurairah)


SELAMAT HARI RAYA IDUL QUR'BAN 1431 H

Artikel tentang Idhul Adha juga anda dapat baca di PESANTRENVIRTUAL.COM

PENDIDIKAN BEBAS PUNGUTAN BAGI SELURUH SISWA

PENDIDIKAN BEBAS PUNGUTAN BAGI SELURUH SISWA